Sabtu, 05 November 2011

KISAH PERJALANANKU KE YOGYAKARTA

BERWISATA KE KOTA YOGYAKARTA

SD Negeri 2 Bojongsari mengadakan kegiatan wisata (study tour) ke kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan setelah kelulusan yaitu pada tanggal 11 Juli 2009. Pesertanya adalah seluruh siswa kelas enam. Kegiatan ini diharapkan siswa bisa belajar nyata di luar kelas dan sekaligus untuk menjadikan pikiran kembali segar kembali walaupun ada yang tidak ikut karena biaya. Sebelum berangkat siswa berkumpul di halaman sekolah untuk diberi pengarahan oleh Bapak Kepala dan berdoa bersama. Siswa dibagi menjadi satu rombongan yang berjumlah 43 siswa. Setelah mengecek bekal (minuman, makanan ringan, obat-obatan dan sebagainya), Aku dan teman-teman sekelasku naik ke bus. Kami berangkat pada pukul 05.00 WIB. Sebelum berangkat Aku berpamitan kepada Ibuku dan kamipun berangkat. Di dalam perjalanan Aku sangat menikmati pemandangan yang indah dan juga ditambah udara yang masih sejuk.

Aku beserta rombongan tiba di Yogyakarta pada pukul 11.00 WIB. Kami mengunjungi sebuah keraton yang berada di Yograkarta. Sebelum ke Keraton, kami makan siang terlebih dahulu. Setelah makan siang, kami menuju ke Keraton yang tidak jauh dari bus diparkirkan. Di luar Keraton banyak pedagang yang berjualan. Ada yang berjualan aksesoris, makanan, minuman dan sebagainya. Kamipun masuk ke dalam Keraton. Di sana banyak tokoh raja-raja pada zaman dahulu. Kami diberi pengarahan oleh petugas di sana. Setelah selesai melihat-lihat dan diberi pengarahan, kami melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur. Kami tiba di lokasi Candi Borobudur pada pukul 14.00 WIB. Kami diberi karcis atau tiket oleh Bapak dan Ibu Guru untuk dapat masuk ke Candi Borobudur bersama-sama. Di sana kami dilarang membawa apapun kecuali minuman dan uang. Hal itu dikarenakan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Udara di sana sangat panas. Kami berfoto untuk dijadikan kenang-kenangan. Setelah berfoto, dilanjutkan melihat pemandangan kota Yogyakarta yang indah dari atas Candi Borobudur. Aku dan teman-temanku sempat tertinggal rombongan setelah beberapa lama di Candi Borobudur.

Aku dan teman-teman kelelahan saat mencari rombongan yang lain. Kami kebingungan mencari dimana bus diparkirkan. Kami berjalan sepanjang Candi Borobudur. Sempat juga bertemu Bapak Guru, akan tetapi kami tetap kebingungan. Setelah lokasi bus diparkirkan ditemukan, kami masuk bus dan beristirahat. Menjelang sore kami bersiap melanjutkan perjalanan. Beberapa barang antik kami beli untuk kenang-kenangan, seperti asbak berbentuk Candi Borobudur. Perjalanan dilanjutkan ke Obyek Wisata Kyai Langgeng. Tempatnya indah dan luas. Hanya saja kami tidak bisa berlama-lama di sana, karena waktu sudah menjelang sore. Di samping, lokasi obyek wisata yang sudah mau di tutup karena sudah sore. Setelah hanya berjalan-jalan di obyek wisata Kyai Langgeng, kami menuju ke para pedagang barang antik. Kami membeli beberapa oleh-oleh, seperti Wingko Babat, Dodol Garut dan sebagainya. Kami kembali ke bus setelah puas berbelanja.

Kami pulang, ditengah perjalanan kami berhenti di depan sebuah rumah makan. Kami berencana untuk makan malam di sana. Seusai makan malam, kami melanjutkan perjalanan. Kami semua tidur pulas di dalam bus, kecuali Bapak dan Ibu Guru. Setelah beberapa lama, akhirnya bus memasuki kota Purbalingga dan sampai di halaman sekolah. Kami turun dari bus dan ternyata Ayah dan Ibu kami sudah menunggu kami. Mereka menjemput kami menggunakan sepeda motor masing-masing. Aku sampai di rumah pukul 23.00 WIB.