Sabtu, 05 November 2011

LAPORAN ANALISIS PAUD DI BA AISYIYAH KEMBARAN KULON

LAPORAN PENELITIAN DAN ANALISIS

PENGEMBANGAN KEGIATAN ANAK USIA DINI MENGGAMBAR BEBAS ALAT-ALAT KEBERSIHAN DI TAMAN KANAK-KANAK BA 'AISYIYAH KEMBARAN KULON

KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA


 

Laporan ini disusun untuk memenuhi Tugas mata kuliah Analisis

Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD 4504)

Program S1 PAUD FKIP Universitas Terbuka


Disusun Oleh :

Nama    :    Nelly Fauziyati

NIM    :    815202169

Pokjar    :    PURBALINGGA


 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH

UNIVERSITAS TERBUKA

PURWOKERTO

2011

LEMBAR PENGESAHAN


 

Laporan ini disusun untuk diajukan memenuhi tugas mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini pada program Strata 1 pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.

  1. Nama    :    Nelly Fauziyati
  2. NIM    :    815202169
  3. Tempat Penelitian    :    TK BA 'Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga
  4. Waktu Pelaksanaan    :    13 dan 14 Oktober 2011
  5. Kelas Penelitian    :    Menggambar Bebas "Alat-Alat Kebersihan"


 


 


 


 


 


 

        Purbalingga, 25 Oktober 2011

    Tutor    Peneliti


 


 


 

    Dra. Titin Tini Suhartinah    Nelly Fauziyati

    NIP. 196303131982012003    NIM. 815202169

ABSTRAK


 

Pendidikan Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang memberikan layanan pendidikan untuk anak usia 4 sampai 6 tahun. Kegiatan menggambar merupakan kegiatan naluriah atau alami untuk anak. Hamper setiap anak melakukan ini untuk bercerita kepada orang lain. Kegiatan menggambar bagi anak mempunyai menfaat ganda bagi anak. Manfaat perkembangan intelek (pikiran, perasaan dan kepribadian) dan manfaat praktis pengembangan pengamatan (intelegensi visual).

Lokasi penelitian ini dilakukan pada Kelompok B Bustanul Athfal Aisyiyah Kembaran Kulon Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Taman Kanak-Kanak merupakan program mengembangkan kemampuan seni melalui kegiatan menggambar bebas sesuai dengan keinginan anak sehingga anak dapat berkreasi sesuai dengan imajinasi yang dimiliki.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disarankan agar kegiatan dilakukan dengan media dan sarana yang lebih bervariasi dan dikemas melalui kegiatan yang menyenangkan sehingga anak-anak lebih termotivasi dan menikmati dunia bermainnya.


 

KATA PENGANTAR


 

Peneliti memanjatkan puji syukur pada ilahi robbi atas segala rahmat dan karunia-Nya. Sholawat beriring salam senantiasa terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, atas perkenan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian dan analisis pengembangan kegiatan Anak Usia Dini pada TK BA Aisyiyah Kembaran Kulon. Penyusunan ini didasarkan pada mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini.

Di Universitas Terbuka mata kuliah Analisis Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD 4505) wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa program S1 PG-PAUD. Dengan analisis pengembangan kegiatan anak usia dini mahasiswa diharapkan mampu melakukan penelitian kelas secara sederhan dengan observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen serta menganalisis hasil penelitian tersebut dengan kerangka keilmuan PAUD yang dimilikinya.

Selanjutnya peneliti menyusun laporan analisis penelitian pengembangan kegiatan anak usia dini untuk memenuhi tugas kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini yang dilakukan di TK BA Aisyiyah Kembaran Kulon Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga.

Akhirnya laporan ini dapat tersusun berkat bimbingan, motivasi dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Dosen Pembimbing yang telah banyak membantu dan membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan analisis ini.
  2. Pengelola Pokjar Purbalingga.
  3. Ibunda dan Adinda tercinta yang telah membantu baik moril maupun materiil.
  4. Suami tercinta yang telah memberi semangat, motivasi, materi dan meluangkan waktu untuk membantu penulisan laporan ini.
  5. Anak-anak tersayang yang rela berbagi waktu dan memberi semangat.
  6. Rekan-rekan guru maupun mahasiswa yang tidak bisa disebutkan di sini satu per satu.

Pada kesempatan ini penulis sangatlah menyadari dalam menyusun laporan ini masih jauh dari sempurna. Hal itu semua karena keterbatasan ilmu yang penulis miliki. Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempatan laporan di masa mendatang.

Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan khususnya di Taman Kanak-Kanak.


 

        Purbalingga, Oktober 2011

        Penulis


 


 


 

        Nelly Fauziyati

        NIM. 815202169


 

DAFTAR ISI


 

HALAMAN SAMPUL         i

LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN         ii

ABSTRAK         iii

KATA PENGANTAR         iv

DAFTAR ISI         v

DAFTAR LAMPIRAN         vi

BAB I    PENDAHULUAN         1

  1. Latar Belakang Masalah         1
  2. Fokus Penelitian         3
  3. Tujuan Penelitian         3
  4. Manfaat Penelitian         3

BAB II    LANDASAN TEORI         4

  1. Menggambar di TK         4
  2. Manfaat Gambar dan Menggambar Bagi Anak Usia Dini        7

BAB III    METODOLOGI PENELITIAN         8

  1. Subyek Penelitian         8
  2. Metode Penelitian         8
  3. Instrumen Penelitian         8

BAB IV    ANALISIS DATA         10

  1. Tabulasi Data         10
  2. Hasil Analisis         13
  3. Analisis Kritis         15

BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN         17

  1. Kesimpulan         17
  2. Saran         17

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN


 

DAFTAR LAMPIRAN


 

Lampiran A : Instrumen Wawancara

  1. Instrumen Wawancara dengan Pendidik         18
  2. Instrumen Wawancara dengan Pimpinan         19

Lampiran B : Instrumen Hasil Wawancara

  1. Instrumen Hasil Wawancara dengan Pendidik         20
  2. Instrumen Hasil Wawancara dengan Pimpinan         21

Lampiran C : Dokumentasi         22


 

BAB I

PENDAHULUAN


 

  1. Latar Belakang

Anak adalah amanat bagi orang tua dan asset bangsa yang menentukan masa depan bangsa itu. Orang bijak mengatakan untuk melihat masa depan suatu bangsa adalah dengan melihat keadaan anak dan pemudanya. Oleh sebab itu kita berkewajiban memberi hak-haknya sedini mungkin. Salah satunya adalah memberikan pendidikan yang tepat sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya dan mampu meningkatkan potensi yang dimilikinya.

Pendidikan Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang memberikan pelayanan pendidikan untuk usia 4 sampai 6 tahun. Sedang tugas utama seorang pendidik TK adalah memberikan stimulasi dan rangsangan bagi anak untuk mengoptimalkan fungsi organ-organ dalam tubuh yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sikap dan perilakunya di masa mendatang.

Penelitian ini dilaksanakan di BA Aisyiyah Kembaran Kulon yang beralamat di Jl. Banjaransari RT 03 RW 01 Kelurahan Kembaran Kulon Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. BA Aisyiyah KEmbaran Kulon ini berdiri pada tanggal 1 Januari 1968.

BA Aisyiyah Kembaran Kulon mempunyai visi dan misi sebagai berikut :

Visi    :    Menciptakan generasi penerus bangsa yang berakhlakul karimah dan didasari Dienul Islam.

Misi    :    Meletakan dasar kearah perkembangan anak yang optimal jasmani dan rohaninya, memberikan bekal untuk hidup bermasyarakat dan mempersiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar.

Program S1 PG PAUD Universitas Terbuka menargetkan lulusan menjadi tenaga pendidik PAUD professional yaitu yang dapat mengembangkan program PAUD dan membuat inovasi-inovasi. Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa adalah Analisis Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam rangka memenuhi tugas-tugas dalam mata kuliah tersebut maka telah dilakukan penelitian di TK BA Aisyiyah Kembaran Kulon yang bertujuan mengumpulkan data mengenai kegiatan-kegiatan anak yang dianggap perlu diteliti lebih lanjut untuk selanjutnya dianalisis secara kritis.


 

  1. Fokus Penelitian

Setelah diadakan observasi di salah satu ruang kelas BA Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga maka penelitian ini difokuskan pada salah satu kegiatan anak yaitu kegiatan "Menggambar Bebas Alat-Alat Kebersihan".


 

  1. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan :

  1. Mengumpulkan data mengenai :
    1. Alasan pendidik melakukan kegiatan "Menggambar Bebas Alat-Alat Kebersihan".
    2. Tujuan pendidik melakukan kegiatan tersebut.
    3. Kebijakan yang mendukung pendidik melakukan kegiatan tersebut.
  2. Membuat analisis kritis (critical analysis) mengenai kegiatan tersebut.


     

  1. Manfaat Penelitian

Penelitian ini bermanfaat untuk :

  1. Memberi masukan terhadap kegiatan pengembangan anak di TK BA Aisyiyah Kembaran Kulon.
  2. Melatih mahasiswa melakukan tindakan kelas.
  3. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis suatu kegiatan anak di lembaga Taman Kanak-Kanak.


 

BAB II

LANDASAN TEORI


 

  1. Menggambar Di TK

Menggambar adalah membuat gambar. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mencoret, menggores, menorehkan benda tajam ke benda lain dan memberi warna, sehingga menimbulkan gambar. Soesatyo (1994) (Dalam Hajar Pamadhi, dkk 2008 : 2.11) mengemukakan pendapat tentang arti menggambar sebagai berikut : "Anak menggambar adalah menceritakan, mengungkapkan (mengekspesikan) sesuatu yang ada pada dirinya secara intuitif dan spontan lewat media gambar, maka karya lukis anak-anak adalah seni meskipun tidak disamakan dengan karya lukis orang dewasa, namun syarat-syarat kesenian lukisan telah terpenuhi dengan adanya teknik, artistic dan ekspresi."

Kegiatan menggambar merupakan kegiatan yang naluriah atau alami untuk anak. Hampir setiap anak melakukan kegiatan ini untuk bercerita kepada orang lain. Sedangkan hasil (karya) gambar anak dapat diamati dari berbagai sudut pandang, misalnya kejiwaan (psikologi), kemasyarakatan (sosisologi), gerakan dan ide (fisiologi). Kenneth M Lansing menjelaskan bahwa gambar anak mempunyai manfaat ganda bagi anak : manfaat perkembangan intelek (pikiran, perasaan dan kepribadian) dan manfaat praktis pengembangan pengamatan (intelegensi dan visual). Kenneth M Lansing (tt) lebih lanjut menyarankan jika kita akan mengetahui manfaat gambar sebaiknya melihat dari tiga sisi : (a) sisi produk atau hasil karya anak ; (b) proses, yaitu kegiatan anak ketika sedang menggamar ; (c) keterkaitan isi dan bentuk gambar dengan kehidupan social, kemungkinan besar tema atau bentuk-bentuk yang mengungkapkan keadaan sekitarnya.

Lowenfeld mengemukakan bahwa karakteristik gambar usia TK berada pada masa pra bagan, dengan cirri-ciri visual sebagai berikut :

  1. Objek gambar adalah benda atau figur yang dekat dengan lingkungan anak misalnya gambar orang, hewan, rumah, bunga dan pohon.
  2. Objek gambar yang mereka buat tidak ada hubungan satu dengan yang lain.
  3. Warna yang digunakan biasanya tidak berhubungan dengan realitas alam dan bersifat subjektif sesuai perasaan dan emosi anak.
  4. Penempatan objek gambar bersifat subjektif, menyebar di beberapa bagian dari bidang gambar karena anak belum mengenal konsep dataran garis.

Kegiatan menggambar di TK biasanya dikerjakan secara individu, tetapi dapat juga dilaksanakan secara berkelompok yaitu menggambar bersama dalam satu bidang. Dengan menggambar bersama dalam satu bidang akan menanamkan dasar-dasar kerja sama yang sehat, rasa sosial, penyesuaian diri, rasa tanggung jawab, disiplin dan sebagainya.

Gagasan menggambar anak usia dini meliputi :

  1. Menggambar bentuk

    Kegiatan yang dilakukan untuk latihan menggambar bantuk yaitu meneruskan titik-titik menjadi gambar, mengisi warna, menginterpretasikan bentuk dan warna dan menggambar alam benda.

  2. Menggambar tematik

    Sedangkan menggambar tematik meliputi lingkungan sekitar anak (pedesaan, gunung, sungai, bebatuan dan kota), cerita masa lalu dan cerita akan datang.

Ditinjau dari segi realita karakteristik gambar anak-anak berbeda dengan gambar buatan orang dewasa. Hal ini perlu diperhatikan ketika kita akan merancang kegiatan menggambar di TK dan melakukan penilaian terhadap hasil karya anak. Bagi anak usia TK yang lebih dipentingkan adalah keberanian, kreativitas dan spontanitas dalam mengekspresikan gambarnya dan bukan keindahan atau kerapiannya.


 

  1. Manfaat Gambar dan Menggambar Bagi Anak Usia Dini

Hajar Pamadhi dan Evan Sukardi S. (2008 : 2. 9) menyebutkan bahwa manfaat gambar bagi anak adalah :

  1. Alat untuk mengutarakan (berekspresi) isi hati, pedapat maupun gagasannya.
  2. Media bermain fantasi, imajinasi dan sekaligus seblimasi.
  3. Stimulasi bentuk ketika lupa atau untuk menumbuhkan gagasan baru.
  4. Alat menjelaskan bentuk serta situasi.

Sedangkan manfaat menggambar bagi anak adalah sebagai berikut :

  1. Menggambar sebagai alat bercerita (bahan visual/bentuk)
  2. Menggambar sebagai media mencurahkan perasaan.
  3. Menggambar sebagai alat bercermin.
  4. Menggambar melatih ingatan.
  5. Menggambar melatih berpikir komprehensif (menyeluruh)
  6. Menggambar sebagai media sublimasi perasaan
  7. Menggambar melatih keseimbangan
  8. Menggambar mengembangkan kecakapan emosional
  9. Menggambar melatih kreativitas anak
  10. Menggambar melatih ketelitian pengamatan langsung


 

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN


 

  1. Subjek Penelitian

Subjek penelitian ini adalah anak-anak, pendidik, pimpinan TK Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga.


 

  1. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode interpretatif yaitu menginterpretasikan data mengenai fenomena/gejala yang diteliti di lapangan.


 

  1. Instrumen Penelitian

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini :

  1. Observasi

    Observasi adalah salah satu teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan informasi dengan cara mengamati perilaku anak dalam situasi tertentu. Observasi dalam penelitian dilaksanakan selama satu kali pertemuan. Selama dua jam pelajaran yaitu pada tanggal 13 Oktober 2011. Penelitian menggunakan teknik observasi untuk memperoleh data yang berkaitan dengan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung melalui pembelajaran mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika benda-benda didekatkan dengan magnet.

  2. Wawancara

    Wawancara adalah salah satu teknik pengumpulan data yang bisa digunakan untuk menggali informasi lebih mendalam mengenai fokus penelitian. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan mengadakan tanya jawab secara langsung dengan pendidik dan pimpinan TK untuk memperoleh data tentang peningkatan hasil belajar kemampuan seni melalui kegiatan menggambar bebas di TK Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga.

  3. Dokumentasi

    Dokumentasi adalah salah satu teknik pengumpulan data atau bukti-bukti serta penjelasan yang lebih luas mengenai fokus penelitian. Dokumen digunakan dengan tujuan mencari data yang berasal dari dokumen, wawancara dan catatan yang ada hubungannya dengan objek penelitian sebagai sumber data.


 

BAB IV

ANALISIS DATA


 

  1. Tabulasi Data

Untuk memudahkan analisis data maka data hasil penelitian dibuat tabulasi sebagai berikut :


 

 

Observasi

Wawancara dengan Guru

Wawancara dengan Pimpinan TK

Dokumentasi

  • Anak-anak sedang asyik menggambar bebas alat-alat kebersihan sesuai dengan imajinasinya.
  • TK kami menerima usia 5 – 6 tahun dan yang berumur 4 tahun kami sarankan masuk ke RB.
  • Kami memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasinya dengan memberikan rangsangan dan motivasi agar anak bisa berkreasi
  • Melalui kegiatan menggambar diharapkan anak-anak dapat mengembangkan iderawi khususnya indera penglihatan, ketrampilan, motorik dan daya imajinasi anak sehingga anak dapat mengembangkan kreativitas menggambarnya.
  • Dalam rencana kegiatan anak-anak menggambar bebas sesuai dengan keinginan anak.
  • Dalam program kegiatan TK tercantum bahwa tujuan pendirian TK adalah mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak agar dapat berkembang dengan optimal melalui kegiatan yang menyenangkan.
  • Anak-anak mewarnai gambar yang telah dibuat sesuai dengan keinginan anak.
  • Dengan anak-anak mewarnai gambarnya anak-anak akan menuangkan imajinasinya dengan goresan warnanya dan mengembangkan kreativitasnya dengan memilih warna yang sesuai dengan keinginan anak.
  • Kami berkeinginan agar kemampuan anak dapat berkembang dengan optimal termasuk kemampuan seni pada anak karena menggambar adalah bentuk eskspresi seni yang umumnya paling awal dikenal oleh anak.
 
  • Guru menggunakan alat peraga langsung sebagai alat peraga edukatif.
  • Dengan menggunakan alat peraga langsung anak akan lebih memahami dan diharapkan anak mengerti akan kegunaannya walaupun dalam kesehariannya anak sudah terbiasa melihat benda tersebut di lingkungan sekolah maupun di rumah.
  • Kami mengembangkan potensi anak sejak dini sedemikian rupa sehingga anak tidak hanya mengenal lewat gambar dan tulisan yang nantinya akan terarah pada suatu pencapaian perkembangan yang optimal.
  • Dalam rencana kegiatan tertulis bahwa salah satu alat peraga edukatif yang digunakan adalah alat-alat kebersihan.
  • Sebelum anak pulang menghafalkan bacaan sholat.
  • Untuk kemampuan di bidang agama lebih banyak kami berikan bacaan dan gerakan sholat setiap hari yang diharapkan agar anak selalu mengingat dan menghafalkan.
  • Kami memang memberikan bidang pengembangan agama lebih banyak karena sesuai dengan harapan BA Aisyiyah Kembaran Kulon dan sesuai dengan visi dan misinya.
  • Pemberian materi bacaan dan gerakan sholat memang sudah jadi program dari kami dengan harapan agar nanti anak dapat melaksanakan atau mempraktekan walaupun masih dalam latihan dan bimbingan dari guru dan orang tua.
  • Kegiatan yang bervariasi dengan mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 dan kurikulum dari Kementrian Agama Rebuplik Indonesia.
  • Program dirancang bersama sesuai tahapan perkembangan anak.
  • Jumlah pendidik 2 orang jumlah anak 31 dibagi 2 kelas.
  • Pada TK kami menggunakan model kelompok.
 


 


 

 

  1. Hasil Analisis

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh penulis pada saat penelitian maka diperoleh hasil dalam kegiatan mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika benda-benda didekatkan dengan magnet yang dilakukan pada BA Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga adalah sebagai berikut :

Di BA Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan anak menggambar bebas sesuai dengan keinginan anak merupakan suatu kegiatan yang bermaksud mengembangkan kemampuan seni anak yang merupakan kemampuan yang dikembangkan di TK kami.

Hasil wawancara dengan pendidik bahwa diharapkan sebagai media ekspresi yang dimiliki oleh anak dengan kegiatan yang menyenangkan sesuai pendapat Widya Pekerti, dkk (2008: 10.29) yang mengatakan bahwa gambar bebas adalah media ekspresi seni rupa dwimatra yang paling ekspresif yang dapat secara langsung digunakan untuk mengungkapkan gagasan serta ide dari dalam seorang anak secara bebas.

Hasil wawancara dengan pimpinan BA Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga bahwa kegiatan menggambar bebas anak dapat mencurahkan perasaan yang dirasakannya melalui goresan gambarnya, hal tersebut sesuai hasil penelitian Beth Cesey dari Boston College menyimpulkan bahwa anak mempunyai hambatan mengucapkan kata-kata namun pikirannya lebih maju akan nampak pada lukisan/gambarnya. Dalam mewarnai warna yang digunakan biasanya tidak berhubungan dengan realitas alam dan bersifat subjektif sesuai perasaan dan emosi anak. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Hajar Pamadhi dan Evan Suhardi S. (2008:1.40) yang mengatakan bahwa anak usia TK masih berada pada masa pra-bagan, periode ini anak belum memberikan arti yang kuat dalam hal warna. Warna yang dipilih kadang kala tidak sesuai dengan objek sesungguhnya.

Jadi, analisis data diperoleh dari data yang terkumpul melalui observasi, wawancara dengan pendidik dan pimpinan TK dan dokumentasi pada saat penulis melakukan penelitian dan disusun menjadi tabulasi data. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil data yang telah dicapai oleh siswa melalui observasi dalam pembelajaran menggambar alat-alat kebersihan yang dilakukan di BA Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga.


 

  1. Analisis Kritis

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan anak menggambar bebas sesuai dengan keinginan anak merupakan suatu kegiatan yang bermaksud mengembangkan kemampuan seni anak yang merupakan kemampuan yang dikembangkan di TK kami.

Melalui kegiatan menggambar yang dilakukan di TK BA Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga diharapkan sebagai media ekspresi yang dimiliki oleh anak dengan kegiatan yang menyenangkan sesuai pendapat Widya Pekerti, dkk (2008: 10.29) yang mengatakan bahwa gambar bebas adalah media ekspresi seni rupa dwimatra yang paling ekspresif yang dapat secara langsung digunakan untuk mengungkapkan gagasan serta ide dari dalam seorang anak secara bebas.

Dengan kegiatan menggambar bebas anak dapat mencurahkan perasaan yang dirasakannya melalui goresan gambarnya, hal tersebut sesuai hasil penelitian Beth Cesey dari Boston College menyimpulkan bahwa anak mempunyai hambatan mengucapkan kata-kata namun pikirannya lebih maju akan nampak pada lukisan/gambarnya. Dalam mewarnai warna yang digunakan biasanya tidak berhubungan dengan realitas alam dan bersifat subjektif sesuai perasaan dan emosi anak. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Hajar Pamadhi dan Evan Suhardi S. (2008:1.40) yang mengatakan bahwa anak usia TK masih berada pada masa pra-bagan, periode ini anak belum memberikan arti yang kuat dalam hal warna. Warna yang dipilih kadang kala tidak sesuai dengan objek sesungguhnya. Hal tersebut disebabkan oleh hal-hal berikut :

  1. Kesengajaan menggunakan warna tersebut untuk simbol tertentu : marah, senang.
  2. Pemahaman atau pengetahuan tentang kualitas suara seperti nama warna dan kegunaan juga paham sehingga untuk menginterpretasikan warna sangat minim.
  3. Tipe anak bukan pada kekuatan warna melainkan pada garis, bentuk atau kekuatan pada drawing/menggambar bukan painting/melukis.
  4. Kesukaan terhadap warna tertentu.

Secara umum TK BA Aisyiyah Kembaran Kulon telah mempunyai kegiatan yang baik dan terarah. Kegiatan-kegiatan tersebut telah disusun sedemikian rupa sesuai dengan tahap perkembangan anak sehingga kemungkinan anak berkembang dengan optimal.


 

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN


 

  1. Kesimpulan

Dari tabulasi dan analisis dapat disimpulkan beberapa hal yaitu sebagai berikut :

  1. TK BA Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga mempunyai program unggulan yaitu memberikan kegiatan menggambar sejak awal anak masik TK sehingga anak didiknya sering menjuarai lomba menggambar dan mengenalkan bacaan dan gerakan sholat lewat kegiatan yang menyenangkan sesuai dengan perkembangan anak.
  2. Pengembangan kemampuan seni anak salah satunya dikembangkan melalui kegiatan menggambar bebas sehingga anak dapat berkreasi sesuai dengan imajinasi yang dimiliki.
  3. Lingkungan kelas di TK BA Aisyiyah Kembaran Kulon Purbalingga juga disiapkan sedemikian rupa sehingga dapat mendukung pencapaian kemampuan seni anak.
  4. Tenaga pendidik yang sesuai dengan bidangnya.


 

  1. Saran-Saran
    1. Dalam mengembangkan kemampuan seni anak pendidik bisa memberikan kegiatan lain yang lebih bervariasi sehingga anak berkreasi sesuai dengan imajinasinya dan kemampuan seni anak berkembang dengan optimal.
    2. Pengembangan kemampuan seni dilakukan dengan media dan sarana yang lebih bervariasi dan dikemas melalui kegiatan yang menyenangkan sehingga anak-anak lebih termotivasi dan menikmati dunia bermainnya.


 

DAFTAR PUSTAKA


 

Musfiroh Tadkiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta : Universitas Terbuka.

Pamadhi Hajar. Evan Sukardi S. 2008. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Pekerti Widia. 2008. Metode Pengembangan Seni. Jakarta : Universitas Terbuka.


 


 


 


 


 


 


 


 


 

LAMPIRAN

LAMPIRAN A

INSTRUMEN WAWANCARA


 

  1. Instrumen Wawancara Dengan Pendidik.
  2. Instrumen Wawancara Dengan Pimpinan.

INSTRUMEN WAWANCARA DENGAN PENDIDIK


 

  1. Apa dasar pemikirannya sehingga Ibu melakukan kegiatan menggambar bebas?
  2. Apa tujuan Ibu setiap mau pulang selalu menghafal bacaan sholat?


 

INSTRUMEN WAWANCARA DENGAN PIMPINAN


 

  1. Apa yang lebih diutamakan atau ditekankan pada kegiatan menggambar tersebut?
  2. Apa keinginan Ibu mengadakan kegiatan menghafal bacaan sholat?


 

LAMPIRAN B

INSTRUMEN HASIL WAWANCARA


 

  1. Instrumen Hasil Wawancara Dengan Pendidik.
  2. Instrumen Hasil Wawancara Dengan Pimpinan.

HASIL WAWANCARA DENGAN PENDIDIK


 

  1. TK kami menerima usia 5 – 6 tahun dan yang berumur 4 tahun kami sarankan masuk ke KB. Kami memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasinya dengan memberikan rangsangan dan motivasi agar anak bisa berkreasi.
  2. Dengan anak-anak mewarnai gambarnya anak-anak akan menuangkan imajinasinya dengan goresan warnanya dan mengembangkan kreativitasnya dengan memilih warna yang sesuai dengan keinginan anak.

HASIL WAWANCARA DENGAN PIMPINAN


 

  1. Melalui kegiatan menggambar diharapkan anak-anak dapat mengembangkan iderawi khususnya indera penglihatan, ketrampilan, motorik dan daya imajinasi anak sehingga anak dapat mengembangkan kreativitas menggambarnya.
  2. Kami berkeinginan agar kemampuan anak dapat berkembang dengan optimal termasuk kemampuan seni pada anak karena menggambar adalah bentuk eskspresi seni yang umumnya paling awal dikenal oleh anak.


 

LAMPIRAN C

DOKUMENTASI


 

  1. Dokumentasi Kegiatan Menggambar Bebas Alat-Alat Kebersihan.


 

DOKUMENTASI


 


Guru menjelaskan macam-macam alat kebersihan.


Guru menerangkan cara menggambar bebas alat-alat kebersihan


Anak menggambar bebas alat-alat kebersihan.


Anak memasang gambar bebas alat kebersihan di dinding.


 

DAFTAR NAMA SISWA KELOMPOK B

BA AISYIYAH KEMBARAN KULON PURBALINGGA

TAHUN PELAJARAN 2011/2012


 

No

Nama

Keterangan

 

AMALIA SAFITRI

˜

 

AZRIL PRATAMA

š

 

ARIQ ANTONA

š

 

BANGKIT BAMANTARA

˜

 

FARAH AN-NAFI

˜

 

IMAM PURWANTO

š

 

M. DAFFA RIZKY S.

˜

 

M. RIZIQ

˜

 

NARACAKTY GAJAH DENDRA

˜

 

NAILA SALWA ROSIDA

˜

 

PANDU PRATAMA

š

 

RENO INGGIL SASONGKO

˜

 

REAN DESKA KURNIAWAN

š

 

RIDHO KURNIAWAN

˜

 

RIZKY RAMADHAN

˜

 

RIZKI NOVAL ANDRIANTO

š

 

SHANIA PUTRI MELINIA

˜

 

TEGAR SAPUTRA

š

 

FIKA NUR NILAMSARI

˜


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar